BAB II
LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN
2. 1 Tinjauan Pustaka
Adapun tinjauan studi dijelaskan dengan mengacu kepada dua penelitian yang dilakukan, yaitu :
1. LU’LU’UN NISA KURNIA PUTRI (2011) dalam penelitian berjudul Analisis, Perancangan dan Implementasi Aplikasi Chatting Berbasis Objek mengatakan bahwa komunikasi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Bentuk dan media untuk berkomunikasi juga mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya teknologi. Bentuk komunikasi dimulai dengan komunikasi bertatap muka dan melalui surat, kemudia setelah ditemukannya jaringan computer dan koneksi internet, komunikasi semakin berkembang sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus bertemu langsung pada satu tempat. Penelitian ini mengembangkan sebuah system komunikasi teks antarmuka melalui protocol internet. System komunikasi ini dikhususkan untuk digunakan pada jaringan local atau LAN dan ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java (J2SE) dengan memanfaatkan teknologi multicast (MulticastSocket) yang telah didukung dalam pemrograman Java. Metode penelitian yang dipakai adalah metode RAD (Rapid Application Development). Metode RAD adalah metode pengembangan system linier sekuensial yang menekankan siklus perkembangan yang sangat 5 pendek dengan menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen yang meliputi pemodelan bisnis, pemodelan data, pemodelan proses, pembuatan aplikasi dan pengujian. Berdasarkan pengujian, aplikasi chatting ini dapat berjalan dengan baik. Komunikasi teks yang didukung adalah komunikasi public, komunikasi private dan komunikasi grup. Aplikasi chatting ini menggunakan koneksi peer to peer yang artinya masing-masing komputer berada pada tingkat yang sama. Aplikasi chatting ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambah fitur-fitur lain seperti proses login, komunikasi suara, video atau transfer file.
2. LISDA (2011) dalam penelitian berjudul Pembuatan Aplikasi Chatting Client-Server Jaringan Lokal Menggunakan Java 2 Standard Edition PI mengatakan bahwa perkembangan teknologi terus berkembang seiiring dengan berjalannya waktu. Banyak aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh seorang programmer agar aplikasinya berjalan dengan dukungan internet. Aplikasi yang terhubung dengan internet tentu saja akan selalu diperbaharui namun ada juga yang tidak diperbaharui karena masalah kompatibilitas. Penulis tertarik untuk membuat aplikasi chatting client-server jaringan lokal yang tidak terhubung dengan internet, dimana dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Java 2 Standard Edition (J2SE) dan memanfaatkan penomoran IP, soket, serta port yang dimiliki komputer dalam suatu jaringan lokal. Aplikasi chating client-server ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna saling berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lain didalam suatu jaringan lokal dimana syarat utamanya adalah harus 6 ada minimal dua komputer yang terhubung untuk dapat berkomunikasi. Pada penulisan ini berisi mengenai cara pembuatan aplikasi chatting client-server jaringan lokal menggunakan Java 2 Standard Edition. Konsep pembuatan juga dijelaskan secara bertahap dimulai dari perancangan aplikasi hingga pengujian serta dilengkapi dengan lampiran source code dan gambar dari langkah-langkah yang dilakukan.
2. 2 Tinjauan Studi
Dalam penulisan ini, penulis banyak mengambil tinjauan pustaka dari berbagai sumber seperti buku, artikel dan berita pada sebuah website. Tinjauan pustaka mempunyai kegunaan untuk mengungkapkan landasan teori yang didapat dari para pakar dibidangnya untuk menguatkan penelitian dalam Tugas Akhir ini. 2.2.1 Chatting
2.2.1.1 Definisi Chatting
Chatting adalah percakapan yang biasanya dilakukan antara dua orang atau lebih secara langsung atau realtime dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet. Percakapan yang dilakukan bisa berupa teks, suara, atau semuanya digabungkan antara text, suara dan video. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas chatting, diantaranya yang populer adalah IRC, Yahoo Messenger, AIM, Jabber dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi untuk melakukan aktifitas chatting disebut IM atau Instan Messenger. IM merupakan aplikasi pengolah pesan cepat yang memfasilitasi aktifitas komunikasi antara dua orang atau lebih secara realtime. Aktifitas chatting semakin digandrungi akhir-akhir ini berkat semakin canggihnya teknologi ponsel. Jika dahulu ponsel hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat (SMS) dan telepon kini ponsel bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan sehingga kegunaannya hampir menyerupai komputer. Pada ponsel cerdas atau smartphone kita bisa melakukan aktifitas chatting, dan aplikasi chatting yang sangat populer adalah Blackberry Messenger (BBM), WhatsApp, dan Line. Sebetulnya masih banyak lagi aplikasi chatting yang bisa digunakan pada smartphone dengan menawarkan keunggulan dan fitur yang berbeda-beda.
2.2.1.2 Sejarah Chatting
Email menjadi titik awal munculnya aktifitas pengiriman pesan instan atau chatting. Email dahulu merupakan sebagai terobosan baru yang dapat menggantikan pengiriman pesan secara konvensional. Namun pada perkebangannya email dirasakan kurang bisa begitu efisien untuk melaksanakan pengiriman pesan yang cepat. Karena terkadang pesan yang terkirim melalui email membutuhkan waktu respon yang lama dari si penerima, dan si pengirim tidak bisa mengetahui apakah pesannya tersebut telah dibaca atau belum bahkan si pengirim tidak mengetahui apakah si penerima dalam keadaan online atau tidak. Semakin bertambahnya kebutuhan manusia terhadap komunikasi pengiriman yang cepat merangsang pengembang perangkat untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman pesan yang cepat. Lalu muncullah sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk berkirim pesan dengan pengguna komputer yang sedang online, aplikasi ini dipelopori oleh penyedia jasa daring Quantum Link atau lebih dikenal dengan nama American Online.
Pada tahun 1996 bulan November menjadi hari bersejarah untuk penggemar chatting, karena disaat itulah diperkenalkan sebuah aplikasi chatting secara resmi oleh Mirabilis untuk aplikasinya yang bernama ICQ. Mulai saat itu aktifitas chatting menjadi semakin menjamur. Kemudian pada tahun 1997 muncul aplikasi chatting baru bernama AIM (AOL Instant Messenger) besutan AOL, pada perkembangannya AOL mengakuisisi Mirabilis. Sejak saat itu hingga kini aplikasi IM semakin banyak bermunculan dengan menawarkan fitur yang lebih canggih. Melalui aplikasi IM terbaru seperti Yahoo Messenger kita bisa chatting dengan bertatap muka dengan dukungan perangkat Kamera. Dan aktifitas chatting kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja karena sudah bisa dilakukan pada smartphone dengan aplikasinya populer BBM, WhatsApp, Line atau masih banyak lagi yang lainnya.
2.2.1.3 Sistem Kerja Chatting
Internet Relay Chat (IRC) adaalah suatu bentuk komunikasi di internet yang diciptakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok ditempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC muncul sebagai saluran komunikasi pintu belakang yang menarik yang meliput kejadian-kejadian penting.
Saat kita menggunakan Internet Relay Chat, kita akan disambut oleh Message of the Day atau MOTD yang berisi informasi tentang situs dan lalu lintas pada jaringan. Ketika menggunakan IRC, pengguna diminta untuk menyebutkan nama julukan atau samaran. Sang pengguna memiliki suatu program yang disebut “client” untuk menghubungkan anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut. Bila telah log in pada client IRC, pengguna dapat secara otomatis menggunakan saluran aktif yang bernama chatzone. Semua saluran atau channel IRC diawali tanda (#) ada juga tanda (&). Channel-channel tersebut adalah channel-channel lokal di satu server saja sehingga pengguna harus bergabung dengan server tersebut untuk dapat bergabung dengan channel. Semua perintah IRC dimulai dengan garis miring(/). Untuk turut serta dalam percakapan si internet ini, tinggal beri perintah “/join” diikuti tanda #(nama saluran). Jika pengguna telah memiliki program seperti IRC untuk Windows, beberapa perintahnya dapat dipilih dari menunya. Semua perintah-perintah dasar IRC berlaku untuk semua client-client.
2.2.1.4 Instant Messaging
Sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen, software server dan client. Sebagian program IM dapat dioperasikan melaluiweb browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC. Sementara software server menyimpan direktori pengguna dan bekerja sebagai perantara lalu-lintas komunikasi. Dengan kata lain, setiap karakter pada IM berjalan (route) melalui server. Server juga memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengirimkan pesan offline yang dikirimkan kepada pengguna bila sedang tidak terkoneksi pada server IM. Ketika pengguna tersebut login, pesan yang tersimpan untuknya di server akan ditampilkan di jendela client IM. Server biasanya segera menghapus pesan tersebut, setelah dikirimkan kepada pengguna yang telah online. Pengguna yang sedang online dapat mengatur opsi statusnya, apakah akan dicatat dalam keadaan aktif pada direktori IM atau tetap dalam keadaan offline (invisible). Meski tercatat dalam keadaan offline, pengguna yang invisible tetap dapat megirim pesan.
Pengguna juga biasanya dapat mengatur status lainnya, seperti busy, do not disturb idle, dan lain-lain. Software client yang terinstal di PC di konfigurasi untuk melakukan koneksi tertentu kepada server. Identitas pengguna dimasukkan ke dalam software client saat akan melakukan koneksi. Server akan mengenali pengguna dari username yang unik, dan password. Bila menggunakan PC bersama, hindari menyimpan username dan password pada software client. Saat koneksi berhasil,server akan mencatat pengguna dalam keadaan aktif (kecuali bila pengguna mengganti statusnya). Selanjutnya, status orang-orang yang tercatat dalam daftar kontak pun ditampilkan. Pada saat ini, pengguna sudah dapat mengirimkan dan menerima pesan melalui IM. Transfer File dan Streaming Berbeda dengan file teks, jenis file lain yang dikirimkan melalui IM (misalnya dokumen, gambar, musik, dan lain-lain) biasanya tidak melalui server. Jadi, kedua pengguna yang akan bertransaksi terkoneksi langsung secara peer-to-peer, dan keduanya harus dalam keadaan online. Bila salah satu koneksi terputus, proses pengiriman file otomatis dibatalkan, dan harus diulang dari awal.
Selain mengirimkan pesan teks dan file, pengguna juga dapat mengirimkan dan menerima audio dan video streaming. Pengiriman dan penerimaan audio streaming sama dengan proses Voice over Internet Protocol (VoIP). Sedangkan pada pengiriman dan penerimaan video streaming, proses yang terjadi sama dengan video conference menggunakan webcam. Baik audio maupun video streaming, keduanya ditransfer secara real-time antar client sehingga server tidak menyimpan fille-file tersebut, meski lalu-lintas data tetap melalui server. Beberapa software IM memasukkan fungsionalitas tambahan yang me- mungkinkan beberapa pengguna ber- interaksi secara serentak. Fungsi ini biasanya disebut discussion atau meeting Keunggulan dan Kelemahan Di balik setiap keunggulan pasti terselip kelemahan. Kelemahan yang paling nyata dari IM adalah tidak tersimpannya data di server. Setiap data yang telah terkirim, baik data teks,fi le, maupun streaming, akan segera terhapus dari server. Hanya data teks saja yang bisa disimpan dalam log komputer lokal. Selain itu, pengiriman data non- teks mengharuskan pihak-pihak yang sedang bertransaksi dalam keadaan online. Pengiriman data pun rentan mengalami kegagalan, bila salah satu koneksi Internet pengguna mengalami gangguan. Gangguan koneksi akan semakin besar, bila IM digunakan untuk bertransaksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simulatan atau lalu-lintas data dalam keadaan sibuk.
2.2.2 Openfire
Openfire (sebelumnya dikenal sebagai Wildfire dan Jive Messenger) adalah sebuah intant messaging (IM) dan server group chat yang menggunakan XMPP server dan berlisensi di bawah Lisensi Apache 2.0. Openfire adalah sebuah chat server yang opensource yang dapat digunakan untuk membuat chat server internal (untuk lingkup intranet) dan menggunakan Spark sebagai client. Adapun beberapa fitur utama dari Openfire.
1. Web Admin
Openfire dilengkapi oleh Web Admin, sehingga administrator jaringan dapat melakukan setting dengan mudah bahkan dengan jarak jauh.
2. LDAP
Openfire datang dengan fitur standar Jive, yaitu dapat menggunakan login manajemen dalam database atau menggunakan LDAP. Solusi ini memungkinkan implementasi satu login untuk semua solusi
3. Mendukung SSL atau Secure Chatting
Openfire mengimplementasikan SSL, sehingga kita dapat melakukan chatting dengan aman. Untuk mengimplementasikan security seperti RSA, kita dapat memasukan informasi sertifikat security ke dalamnya.
4. Mendukung Multi Database
Opnfire memerlukan database untuk menyimpan datanya, dan database yang didukungnya adalah Oracle, MySQL, Postgre, SQL Server, Hypersonic, DB2, dan Sybase.
5. Plugins
Openfire dating dengan teknologi plugins. Beberapa plugins yang berguna adalah broadcast, artinya memberikan pengumuman terhadap semua user, ini mirip newsletter atau SMS broadcasting.
6. Asterisk Integration
Plugin yang paling populer didalam Openfire adalah integrasi dengan Asterisk, sebuah VoIP/PBK open source paling populer didunia. Integrasi layanan ini memungkinkan kita melakukan telepon pada user dan chatting bersama.
7. Advanced Logging
Openfire memiliki logging management, sehingga setiap kegiatan, kapan user login, beban dan error dapat dilihat dan diakses langsung dari Web Adminnya.
8. Confrence
Openfire memiliki confrence chat, artinya berkomunikasi dalam sebuah ruang virtual yang melibatkan banyak peserta.
9. Server to Server Chat
Openfire sejak versi 3, memungkinkan chatting antar server, dimana satu server umumnya merupakan satu domain.
10. Compression Chat
Openfire memiliki fitur kompresi, artinya setiap pesan chat yang dikirim dari satu user ke user lain akan terkompresi. Mekanisme ini selain dapat mengirit bandwith, sehingga lebih cepat terkirim.
11. Offline Messages
Salah satu fitur utama dari Yahoo Messenger adalah kita dapat mengirim pesan, walaupun rekan kita tidak online, dan fitur ini juga ada di Openfire.
12. Message Auditing
Openfire memiliki fitur Message Audiing, artinya semua chat yang dilakukan oleh semua user, direkam dalam sebuah file log, dan tentu saja kita dapat membaca chat setiap orang dan menganalisanya menggunakan aplikasi logging. Ini tentu saja dapat mengurangi privacy dalam setting.
13. Private Data Setting
Openfire memungkinkan kita menyimpan semua informasi di server, sehinnga kita dapat berpindah-pindah dari satu PC ke PC lainnya dan profilnya mengikuti kemana kita berpindah.
14. Multi Platform
Openfire bisa digunakan untuk aplikasi Windows, Macintos, maupun Linux. Jadi apapun system operasi yang digunakan, semua bisa terhubung ke Openfire.
15. Open Source dan Collaboration API
Dengan implementasi mengikuti spesifikasi diintegrasikan dengan aplikasi internal kita. Yang menarik adalah bilaman kita mengintegrasikannya dengan game online.
2.2.3 XAMPP
XAMPP ialah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan campuran dari beberapa program. Yang mempunyai fungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri dari program MySQL database, Apache HTTP Server, dan penerjemah ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia di bawah GNU General Public License dan bebas, adalah mudah untuk menggunakan web server yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis.
XAMPP adalah singkatan yang setiap huruf adalah :
- X : Program ini dapat dijalankan di banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
- A : Apache, server aplikasi Web. Apache tugas utama adalah untuk menghasilkan halaman web yang benar kepada pengguna terhadap kode PHP yang sudah dituliskan oleh pembuat halaman web. jika perlu kode PHP juga berdasarkan yang tertulis, dapat database diakses dulu (misalnya MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
- M : MySQL, server aplikasi database. Pertumbuhannya disebut SQL singkatan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang difungsikan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database dan isinya. Bisa juga memanfaatkan MySQL guna untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data dalam database.
- P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat web yang server-side scripting. PHP digunakan untuk membuat halaman web dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan dengan PHP adalah MySQL. namun PHP juga mendukung Pengelolaan sistem database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.
- • P : Perl, bahasa pemrograman untuk semua tujuan, pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall, mesin Unix. Perl dirilis pertama kali tanggal 18 Desember 1987 yang ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl juga tersedia untuk berbagai sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
Komponen pada XAMPP.
- XAMPP 1.8.3 untuk Windows, Termasuk :
- Apache 2.4.4
- MySQL 6.5.11
- PHP 5.5.0
- phpMyAdmin 4.0.4
- FileZilla FTP Server 0.9.41
- Tomcat 7.0.41 (with mod_proxy_ajp as connector)
- Strawberry Perl 5.16.3.1 Portabel
- XAMPP Control Panel 3.2.1 (dari hackattack142)
2.2.4. Teori Umum
2.2.4.1 Jaringan Komputer (I Putu Agus Eka Pratama Suryatama (2014) .12-32).
Jaringan komputer adalah hubungan dari sejumlah perangkat yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain (a network is a interaction of a set of devices capable of communication). Perangkat yang dimaksud pada definisi ini mencakup semua jenis perangkat computer (computer desktop, computer jinjing, smartphone, PC tablet) dan perangkat penghubung (router, switch, modem, hub). I Putu Agus Eka Pratama Suryatama (2014) .12.
Gambar 2.1 Jaringan Komputer
2.2.4.2 Sifat-Sifat Dasar Jaringan Komputer
Setelah melihat definisi mengenai jaringan computer serta keempat syarat utama untuk sebuah jaringan computer, maka selanjutnya perlu diketahui sifat-sifat dasar dari jaringan computer. Jaringan computer memiliki empat buah sifat dasar utama. Keempat sifat tersebut meliputi Scalability, Resource Sharing, Connectivity, dan Reliability. Pembahasan mengenai keempat sifat dasar tersebut disajikan pada subbab dibawah ini :
1. Scalability
Scalability memiliki arti kemampuan untuk dapat diskalakan. Ini berarti bahwa jaringan computer dapat diskalakan (diukur, disesuaikan) dengan kebutuhan pengguna jaringan computer. Jaringan computer dapat berkembang lebih luas, lebih luas, namun dapat juga diperkecil, disempitkan, sesuai dengan kebutuhan dan cakupan pengguna. Jaringan computer mampu menghilangkan batasan-batasan geografis (lokasi). Ini berarti bahwa dua buah pengguna (atau lebih) dari jaringan computer dapat saling terhubung secara digital (online) tanpa terkendalajarak yang jauh secara fisik (misalkan berbeda pulau, benua, negara, wilayah teritori). Adanya jaringan computer, terutama internet, menjadikan kita di abad ini dapat denagn mudah berkomunikasi dengan siapapun diseluruh dunia.
2. Resource Sharing
Resource Sharing di artikan sebagai berbagi sumber daya. Dalam hal ini berarti bahwa jaringan computer dapat digunakan untuk saling berbagi dan memakai secara bersama-sama segala sumber daya yang ada. Sumber daya meliputi seluruh perngkat keras computer (hardware) dan perangkat lunak computer (software). Sebagai contoh, apabila tidak ada jaringan computer, setiap pengguna computer dalam satu ruangan wajib memiliki perangkat keras computer berupa printer untuk mencetak dokumenke dalam selembar kertas. Dengan adanya jaringan computer (LAN) maka dalam satu ruangan tersebut cukup disediakan sebuah printer saja, untuk kemudian dibagikan (sharing) ke dalam jaringan local, sehingga semua pengguna computer dapat bersama-sama menggunakannya untuk mencetak dokumen. Tentu saja ini akan jauh lebih menghemat biaya (anggaran).
3. Connectivity
Connectivity memiliki arti mudah terhubung dan dihubungkan. Hal ini berarti bahwa jaringan computer memiliki sifat untuk mudah dihubungkan ke semua pengguna computer, serta pengguna computer itu sendiri juga dapat dengan mudah terhubung kedalam jaringan computer yang tersedia. Untuk menciptakan hubungan ini, terdapat sejumlah perangkat penghubung didalamnya. Perangkat-perangkat tersebut antara lain berupa switch, modem, router, hub, perangkat wireless,, smartphone dengan kemampuan tethering, dan lain-lain. Dengan adanya sifat connectivity ini, maka jaringan computer dapat dengan mudah dibentuk sesuai keperluan dan dalam waktu singkat.
4. Reliability
Reliability memiliki arti keandalan. Hal ini berarti bahwa jaringan computer memiliki kemampuan untuk dapat diandalkan didalam jaringan computer, keandalan disini dapat diartikan bahwa paket data yang dikirimkan oleh pengirim akan sampai dengan baik disisi penerima.Keandalan yang makin tinggi dan makin baik pada jaringan computer akan memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi para pengguna jaringan computer.
2.2.4.3 Topologi
Berdasarkan topologi jaringan, maka jaringan komputer dapat dibagi beberapa bagian, antara lain :
Topologi Bus
Topologi Bus ini menggunakan “Single BackBone Segment” sebagai penghubung semua komputer yang ada pada jaringan. Semua komputer terhubung langsung ke komputer
Topologi Star
Topologi Star menghubungkan semua workstation ke satu buah titik pusat.
Titik Pusat ini biasanya berupa hub atau switch sehingga seolah-olah komputer yang terhubung berbentuk seperti bintang.
Topologi Ring
Topologi Ring berbentuk rangkaian workstation yang masing-masing terhubung ke dua workstation lainnya, sehingga seolah-olah membentuk jalur melingkar seperti cincin (ring). Pada topologi ring, komunikasi dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
Topologi Mesh
Topologi Mesh merupakan suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada didalam jaringan, sehingga setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links). Biasanya digunakan ketika jaringan yang ada tidak boleh mengalami kesalahan dalam berkomunikasi.
Topologi Tree
Topologi jaringan ini sering disebut sebagai jaringan bertingkat, dimana biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.
2.2.4.4 Pengertian dan Jenis Server (Agus Setiawan, (2012)).
Server sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client.
Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server ; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.Contoh sistem operasi server dari windows adalah Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy serveruntuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet. Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.
Jenis-Jenis Server :
- Server Platform: Server platform adalah hardware atau software dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server.
- Server Applikasi: Juga dikenal sebagai jenis middleware, berfungsi sebagai pengolah perintah dariclient dan database.
- Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.
- Chat Server : Untuk menangani chatting beberapa user.
- Fax Server : Fax server memungkinkan user untuk mengirim dan menerima fax melalui jaringan komputer
- FTP Server : File Transfer Protocol Server untuk transfer data, dari atau ke client
- Groupware Server : Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.
- IRC Server : Internet Relay Chat server memungkinkan user untuk berdiskusi lewat jaringan
- List Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.
- Mail Server : Server yang bertugas untuk menangani e-mail
- News Server: Ini berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.
- Proxy Server : Proxy Server bertindak sebagai mediator antara client dan server diluar jaringan untuk menyaring/membatasi permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan sharing.
- Telnet Server : Untuk log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.
- Virtual Server : Virtual server adalah metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satuserver fisik seolah-olah ada beberapa server.
- Web Server : Menyediakan konten ke web browser, Web Server berkomunikasi menggunakanHTTP (Hypertext Transfer Protocol).
2.3 Tinjauan Organisasi
PT. Starcasa Kreasi Utama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Service untuk E-Commerce. Jasa yang dimaksud meliputi Pembuatan Website E-Commerce secara keseluruhan, Edit Foto Produk, Pemotretan product, system administrasi website.
Dengan melihat perkembangan teknologi khususnya dalam bidang jaringan dilakukan pengembangan dengan aplikasi chatting Openfire dan Spark dimana semua user di kantor maupun freelancer dari luar dapat saling berkomunikasi dengan chatting. Dengan aplikasi Openfire dan Spark, komunikasi menjadi lebih optimal dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat.
Penjelasan dari struktur organisasi:
1. Owner : Pemilik perusahaan
2. HRD : Bertugas dalam perekrutan dan gaji karyawan
3. Project Leader : Bertugas sebagai koordinator tim dan mengatur sebuah project
4. Quality Control : Bertugas dalam melihat dan mengendalikan kualitas gambar yang telah di edit
5. Graphic Processor : Bertugas sebagai editor gambar
2.4. Kerangka Pemikiran
Tugas Akhir ini berawal dari sebuah pengamatan yang dilakukan di PT. Starcasa Kreasi Utama terhadap permasalahan yang terjadi khususnya dalam akses data. Dengan permasalahan dilakukan perbaikan dengan membuat aplikasi Openfire dan Spark, aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Windows sebagai client dan Ubuntu sebagai server. Berikut adalah kerangka pemikiran dalam bentuk gambar.
Posting Komentar untuk "Landasan Teori dan Kerangka Pemikiran, TInjauan Pustaka | Tinjauan Studi, Sistem Kerja Chatting | Instant Messaging"