BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Komunikasi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, bentuk dan media untuk berkomunikasi juga mengalami perubahan. Bentuk komunikasi dimulai dengan komunikasi bertatap muka dan melalui surat. Instant messaging atau biasa disebut aktivitas chatting adalah komunikasi dua arah antara satu orang atau beberapa orang baik dengan teks, suara maupun video. Saat ini ke beberapa aplikasi chat messenger seperti Yahoo Messenger, Google Talk dan MSN tersebut tak bisa dilepaskan dari kehidupan, baik untuk hanya sekedar ngobrol biasa hingga transaksi bisnis. Namun dibalik itu semua ada satu hal yang sangat mengganjal bagi pengguna di lingkungan jaringan lokal berskala medium yang ingin saling mengirim pesan atau berkas, apalagi kalau bukan akses intertnet. Jaringan lokal yang dimaksud adalah seperti ruang pada gedung yang saling terhubung dalam jaringan berbasis TCP/IP. Banyak dari perusahaan-perusahaan tertentu yang membatasi pemakaian internet pada user.
PT. Santana Kreasi Muda adalah sebuah perusahaan jasa untuk e-Commerce yang meliputi jasa pembuatan website khusus e-commerce, jasa editing foto produk, jasa pemotretan foto produk, dan jasa pembuatan sistem administrasi website e-Commerce. PT Santana Kreasi Muda saat ini memiliki kurang lebih 30 karyawan tetap dan freelance.
Permasalahan yang terjadi pada saat ini adalah tim helpdesk hanya mengunakan telepon untuk berkomunikasi dengan user yang bekerja dalam editing foto produk, dan menggunakan email bagi karyawan freelance apabila ada kesalahan pada sebuah gambar atau photo yang error hal ini menyebabkan masalah tidak terselesaikan dengan cepat. User yang dimaksudkan tersebut adalah karyawan internal perusahaan yang diantaranya adalah karyawan tetap dan karyawan freelance. Karena pembatasan pemakaian internet pada setiap user yang berada di kantor, maka Openfire dan Spark ini akan dibangun dengan jaringan LAN untuk para karyawan tetap yang berada di kantor. Dengan itu maka tidak diperlukan koneksi internet untuk semua user yang berada di kantor. Openfire dan Spark ini dapat melakukan pengiriman pesan teks, gambar, dan video dengan memanfaatkan IP multicast untuk pengirimannya aplikasi ini dapat melakukan chatting group atau forum diskusi yang akan diatur oleh moderator pada masing-masing group.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah : User mengalami kesulitan jika ingin berkomunikasi dengan tim helpdesk, karena tim helpdesk hanya menggunakan telepon untuk menerima complain.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk meningkatkan kemudahan dalam berkomunikasi, dan dapat memecahkan masalah dengan cepat.
uang Lingkup Penelitian
Agar skripsi ini lebih fokus secara mendalam ke arah yang diharapkan, maka perlu adanya ruang lingkup penelitian, yaitu :
- Penerapan chat management server dilakukan di PT. Santana Kreasi Muda sebagai studi kasus.
- Dalam penerapan ini dilakukan menggunakan aplikasi Spark sebagai Client dan Openfire sebagai server.
- Chat management server yang dibahas hanya mencakup komunikasi antara user dan team helpdesk.
- Melakukan pengujian sesuai penerapan yang telah dibuat.
Metodologi Penelitian
Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metodologi :
- Teknik Observasi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menganalisis dan me-review aplikasi Openfire dan Spark, sehingga penulis mendapatkan gambaran yang baik dalam menerapkan di tempat studi kasus.
- Studi Pustaka. Selain melakukan observasi, penulis juga melakukan studi pustaka dari penelitian-penelitian yang sudah ada dan dari berbagai teori yang dikemukakan oleh para pakar dibidangnya sebagai bahan acuan untuk pelaksanaan penelitian Tugas Akhir ini.
Sistematika Penulisan
Untuk penjelasan dan pemahaman maka akan diuraikan tentang sistematika penulisan Tugas Akhir sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini memberi penjelasan tentang hal-hal yang menjadi latar belakang dari pelaksanaan Tugas Akhir, identifikasi masalah yang didapatkan dari latar belakang tersebut dan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tersebut. Karena tanpa tujuan yang jelas maka hasil yang ingin kita capai tidak akan maksimal dan bahkan mungkin saja terjadi tidak tepat sasaran karena tujuan yang ingin dicapai tidak jelas arahnya.
BAB II LANDASAN TEORI/KERANGKA PEMIKIRAN
Pada bab ini membahas mengenai tinjauan pustaka yang digunakan untuk melengkapi agar Tugas Akhir ini juga mempunyai landasan teori yaitu berbentuk pustaka dan referensi yang digunakan sebagai penguat terhadap penulisan yang telah dibuat. Dimana pustaka yang digunakan diharapkan up to date, artinya terbaru sesuai dengan perkembangan yang ada.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini dijelaskan mengenai analisa dan perancangan sistem. Adapun analisa dan perancangan yang dibahas adalah analisa sistem, analisa permasalahan, analisa kebutuhan sistem, desain interface, perancangan database dan perancangan sistem.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini menjelaskan proses implementasi sistem, menjelaskan alur dari sistem tersebut, dan pengujian sistem
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bagian penutup yang berisikan tentang simpulan dan saran yang akan penulis tulis sesuai dengan apa yang telah penulis dapatkan dari pelaksanaan Tugas Akhir. Dan penulis mencoba mengambil manfaat dari pengalaman yang telah penulis dapatkan selama melaksanakan Tugas Akhir ini, terutama dalam hal menganalisa dan mengembangkan sebuah sistem.
Posting Komentar untuk "MEMBANGUN CHAT SERVER DENGAN OPENFIRE DAN SPARK SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI PADA PT. SANTANA KREASI MUDA"